2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows

burning file ke cd

Menyimpan data CD atau DVD sangat terkenal bagi para pengguna komputer sebagai pengganti disket pada saat itu. Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi orang orang mulai mencari penyimpanan eksternal yang lebih baik pastinya. Kebanyakan orang pindah dari CD atau DVD.

Apa si Itu CD?

Adalah kepanjangan dari compact disk. Merupakan salah satu media penyimpanan yang cukup populer pada eranya. Selain dari pada itu ada juga DVD yang tidak jauh berbeda dengan CD. Akan tetapi keberadaannya saat ini perlahan lahan mulai tersingkirkan oleh adanya penyimpanan baru contohnya seperti Flashdisk dan Harddisk.

Dengan terus berkembangnya dunia teknologi saat ini, lama kelamaan era CD dan DVD mulai terasingkan. Akan tetapi bukan berarti tidak ada lagi orang menggunakan CD atau DVD tadi sebagai media penyimpanan, masih ada kok yang setia untuk menggunakan CD atau DVD sebagai tempat penyimpanan file.

Selain dari kata murah dan memiliki kapasitas CUKUP, CD atau DVD juga memiliki umur yang sangat panjang lo tapi jika kalian menyimpannya dengan baik, sebab kelebihan itulah yang membuat masih banyak yang menggunakan benda tersebut.

Apa si itu Burning?

Tidak seperti media penyimpanan zaman sekarang, CD atau DVD memiliki kerja yang agak berbeda dengan yang lainnya, jika didalam harddisk dan flashdisk, kalian bisa dengan mudah memasukan atau menghapus file didalamnya. Tetapi tidak berlaku dengan CD atau DVD, apabila kita ingin memasukan sebuah file, maka kalian perlu melakukan proses yang dinamakan dengan burning.

Walaupun begitu pada saat situasi tertentu kalian juga masih diharuskan menggunakan CD atau DVD untuk transfer data antar pc maupun laptop. Biasanya ketika ingin burning data atau memindahkan data dari pc ke CD atau DVD itu menggunakan software khusus.

apasih sebenarnya dengan burning atau membakar file tersebut? Definisi yang pasti bukanlah membakar CD atau DVD dengan menggunakan api korek. Burning sendiri secara sederhana bisa kalian artikan sebagai sebuah proses untuk memasukan sebuah file ke dalam CD atau DVD.

Sudah jelas berbeda dengan media penyimpanan lain yang hanya cara sederhana copy dan paste saja. Agar bisa di putar di dvd player melalui sebuah compact disk, oleh sebab itu sebuah video harus di burning terlebih dahulu dalam format compatible pula.

Hal Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Burning

Sebelum kalian ingin mendemonstrasikan cara burning cd windows 7 dan 10, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, bahwa ada beberapa jenis CD yang berbeda yang biasa kalian buat ketika burning CD yaitu sebagai berikut.

  1. Yang pertama, type data CD. Burning Cd dengan type Cd berfungsi untuk membuat backup atau menyimpan file atau bisa juga data-data kedalam CD dan hasilnya pun dapat kalian gunakan dan di lihat pada PC maupun laptop. Type burning CD ini pada umumnya digunakan untuk menyimpan file dokumen seperti word, excel bahkan database dan data data seperti audio dan video kedalam CD. Akan tetapi burning jenis Cd ini tidak dapat kalian putar pada CD atau DVD player.
  2. Type CD MP3. CD MP3 atau musik ini dikhususkan untuk berisi file file audio seperti musik. Yang bisa hasilnya bisa kalian putar secara otomatis pada CD atau DVD player dirumah maupun perangkat CD atau DVD player lainnya.
  3. Type video CD. Type burning pada CD ini bisa kalian gunakan apabila kalian ingin membakar file file video, film, dan sebagainya kedalam CD anda.

Type image CD, adalah sebuah file disk image yang berisi file berupa salinan dari suatu disk yang pada umumnya adalah bentuk file. ISO yang artinya ialah suatu salinan yang berisi seluruh data pada disk yang asli pada suatu CD atau yang telah tersimpan pada hardisk drive. Type ini akan memungkinkan kalian membuat salinan ISO image atau copy CD kedalam CD lain.

Cara Burning File ke CD Tanpa Software

Saran atau aplikasi yang digunakan untuk burning ke dalam CD atau DVD pun bermacam macam contohnya seperti aplikasi nero, power iso, imgburn dan lain lain masih banyak. Akan tetapi berdasarkan pengalaman, nero adalah yang paling digemari oleh orang orang masalah burning memburning.

Padahal ya apabila kalian ingin memasukan file ke CD atau DVD kalian tidak perlu menggunakan aplikasi tersebut, sebab pada sistem operasi windows sudah mendukung untuk burning memburning file tanpa aplikasi atau software aplikasi pihak ketiga.

Selain ribet juga tidak efisien apabila menggunakan software tambahan sebab kalian harus meng install nya terlebih dahulu jika ingin menggunakannya. Belum lagi kalian belum tau gimana cara penggunaannya.

Oleh sebab itu kali ini kami akan memberikan langkah langkah mengenai cara memasukan file atau burning memburning kedalam CD maupun DVD tanpa menggunakan aplikasi atau software tambahan. Yuk simak baik baik penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah kalian masukan dulu CD mentahannya atau masih kosong ke dalam cd room di laptop maupun komputer kalian.
  2. Lalu langkah kedua, jika langkah pertama sudah kalian buka CD tersebut, sebab dalam keadaan baru atau masih blank nanti akan ada jendela pilihan, mau digunakan seperti layaknya penyimpannan USB flash drive atau bisa digunakan untuk CD atau DVD player. Kalian pilih pilihan yang kedua ya.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows
  3. Nah tadi kan kalian memasukan CD nya ke cd room sekarang kalian tinggal melakukan burningnnya dengan cara copy dan paste seperti menggunakan flash disk, copy paste file yang mau di burning kedalam cd, dan paste saja, apabila semua file sudah siap tinggal dibakar dengan cara kil “Burn to Disc” atau klik tab “Share” kemudian klik “Burn to Disk”.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(2)
  4. Kemudian ada jendela baru akan muncul. Masukan atau ganti judul pada disknya tersebut pada “disc title” kemudian kalian pilih kecepatan maksimum pada “recording speed” lalu klik next untuk melanjutkan.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(3)
  5. Kemudian tinggal kalian tunggu saja proses burning file kedalam CD tersebut. Waktu dari proses burning tergantung dari seberapa besar ukuran file yang kalian burning dan seberapa cepatnya cd room yang kalian miliki.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(4)
  6. Setelah sampai disini file kalian telah selesai dimasukan kedalam CD. Ulangi langkah langkah di atas apabila mau memasukan file lagi atau eject untuk mengeluarkan CD dari cd roomnya.

Cara Burning CD Menggunakan Software

Cara burning Cd kali ini mudah tetapi masih belum yang mengetahuinya, sebab karena adanya fasilitas lain yang lebih mudah tanpa harus burning memburning yaitu contohnya saja seperti flash disk dan harddisk, yang lebih mudah dan gampang digunakan.

cara burning cd windows 10 atau DVD biasa berguna untuk menyimpan atau membackup data data uang berupa gambar di dalam pc atau laptop kalian. Dan berguna juga untuk menyimpan file yang telah di berikan oleh teman kalian.

Ada beberapa langkah langkah untuk burning menggunakan software tanbahan yaitu “Nero Startmart”. Sebelumnya kalian harus mempersiapkan terlebih dahulu CD atau DVD kosong yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan data dan pastinya fasilitas Nero startmart yang sudah kalian instal di pc maupun laptop kalian. Berikut langkah langkahnya.

  1. Langkah pertama adalah kalian masukan CD atau DVD blank yang akan kalian isi file, kemudian jalankan Nero Startmart sehingga akan muncul tampilan Nero startmart seperti dibawah ini.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(5)
  2. Lalu kalian klik ke menu data pada bagian atas.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(6)
  3. Dan kemudian kalian akan di munculkan tampilan seperti dibawah ini, tinggal pilih burn dan copy data.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(7)
  4. Kemudian akan muncul kembali tampilan seperti dibawah ini, kalian pilih “dara CD” apabila kalian ingin burning data ke CD, pilih “data DVD” jika kalian ingin burning ke DVD.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(8)
  5. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(9)
  6. Untuk memasukan data kalian pilihlah kolom add seperti dibawah ini.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(10)
  7. Apabila sudah semua data yang kalian masukan terdapat di dalam kotak ,dibawah kotak tersebut ada keterangan dari jumlah kapasitas CD tersebut. Lalu kalian klik “Next” perhatikan gambar berikut ini.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(11)
  8. Lalu kalian akan menentukan lokasi CD tersebut pada kolom “Current Recorder”.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(12)
  9. Kemudian berilah nama untuk CD yang kalian bakar tadi, pilih lah “Disc Name” untuk memberikan nama.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(13)
  10. Kemdudian kalian pilih “burn” untuk melanjutkannya.2 Cara Burning File ke CD Tanpa Software Di Windows(14)
  11. Dan inilah proses burning cdnya, kalian tunggu saja prosesnya hingga 100% sukses. Apabila sudah sukses maka CD atau DVD yang kalian bakar tersebut akan meng eject secara otomatis dari cd room kalian.

Nah itulah beberapa cara untuk mem burning file ke Cd di PC atau di laptop tanpa menggunakan aplikasi dan menggunakan aplikasi. Dengan tutorial di atas kalian dapat memasukan serta mencopy mp3 maupun mp4 ke dalam dvd. Dengan melakukannya burning kalian membuat video bisa di putar di DVD player atau sebagainya. Semoga artikelnya bermanfaat dan semoga kalian berhasil dalam mempraktekkannya.

Mrmixo
Terinspirasi untuk menjadi detektif, menelusuri betapa rumitnya dirimu