Cara Bayar Pajak Motor Secara Online

Cara Bayar Pajak Motor Secara Online dengan Praktis

Cara Bayar Pajak Online – Pajak yang dibayarkan oleh masyarakat ialah sumber utama dari pendapatan negara untuk pembangunan nasional. Pemerintah sendiri harus mencapai target pajak yang sudah ditetapkan setiap tahunnya untuk kelancaran dalam pembangunan bangsa. Yang tujuannya ialah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sendiri.

Sebenarnya ada beberapa macam pajak yang harus dibayarkan oleh masyarakat, antara lain ialah pajak penghasilan, pajak bumi, dan bangunan, serta jenis pajak lainnya yang sudah di atur oleh pemerintah. Membayar pajak tepat waktu adalah wujud peran aktif sebagai masyarakat dalam membangun negara.

 

Apa Manfaat Dari Pajak?

Pajak sebagai salah satu sumber penerimaan negara dengan kontribusi terbesar, pajak memiliki manfaat yang bisa digunakan dalam beberapa hal, yang di antara lain.

  • Uang pajak yang diberikan oleh masyarakat akan digunakan pemerintah untuk membiayai segala macam pengeluaran negara yang bersifat self liquidating atau hal lainnya. Berikut contohnya ialah pengeluaran untuk biaya proyek produksi barang ekspor.
  • Uang pajak bisa untuk membiayai pengeluaran yang bersifat produktif, sama seperti membangun infrastruktur, anggaran pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lain sebagainya.
  • Uang pajak digunakan untuk membiayai pengeluaran non produktif dan non self liquidating, akan tetapi memiliki manfaat untuk masyarakat sendiri. Contohnya ialah biaya pengeluaran untuk objek rekreasi atau pembangunan monumen bersejarah.
  • Uang pajak bisa digunakan untuk pembiayaan atau sebuah pengeluaran yang bersifat tidak produktif, namun diperlukan untuk negara. Contohnya ialah dengan pengadaan persenjataan dan penguatan pertahanan negara atau pengeluaran untuk warga yatim piatu dan yang membutuhkan.

Dengan kalian membayar pajak dengan jujur, benar dan tepat waktu, maka kalian akan ikut merasakan juga manfaat dari membayar pajak, yang artinya uang pajak yang kalian berikan kenegara, akan dikembalikan lagi ke masyarakat, semisal fasilitas umum memada, infrastruktur seperti jalan, sekolah, jembatan, pertahanan dan keamanan seperti senjata, subsidi, transportasi masal dan lain sebagainya.

 

 

Pajak Online atau E-Billing Pajak

Pajak Online atau E-Billing Pajak

Banyak cara yang diberikan pemerintah untuk mempermudah wajib pajak dalam membayarkan pajak, salah satunya ialah kalian bisa membayar pajak secara online. Oleh sebab itu sangat berguna bagi kalian yang tidak memiliki waktu senggang untuk membayar pajak dengan cara datang ke kantor pajak.

Mengutip dari web resmi direktorat jenderal pajak (DJP), e billing pajak adalah sebuah metode pembayaran pajak secara elektronik dengan menggunakan kode billing atau id biling untuk bisa membayar pajak.

Billing system merupakan sistem yang menterbitkan kode billing untuk pembayaran atau setoran penerimaan negara dengan cara elektronik, kalian tidak perlu membuat surat setoran (ssp, ssbp, sspb) manual yang digunakan ialah e billing djp, e billing berbasis mpn g2 memfasilitasi wajib pajak untuk bisa membayarkan pajaknya dengan lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat lagi.

Dengan menggunakan e-billing pajak, maka banyak manfaat yang dapat kalian peroleh, antara lain.

  • Membayar pajak akan lebih gampang, dengan membuat id billing kalian bisa membayar pajak dimanapun dan kapanpun.
  • Menghindari kesalahan dari pencatatan transaksi. Biasanya dalam pembayaran secara konvesional atau manual ada beberapa kesalahan pencatatan yang bisa terjadi. Ebilling juga bisa meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pencatatan transaksi yang dapat saja terjadi pada pembayaran manual.
  • Transaksi real time yang artinya data dan hasil transaksi akan langsung tersimpan di dalam sistem DJP, yang bisa meminimalisir kehilangan data yang akibat kelalaian sistem.

 

 

Cara Bayar Pajak Online dengan Mudah

Cara Bayar Pajak Online (Tahap Demi Tahap)

Bayar pajak online merupakan sebuah metode anyar dalam membayar pajak yang bisa dilakukan secara online dan real time. Pembayaran dengan metode ini akan jauh lebih baik , simpel dan pastinya lebih fleksibel. Para wajib pajak tak perlu lagi mengantri berjam jam di bank ataupun dikantor pajak.

Untuk saat ini semuanya dapat kalian lakuka didepan komputer ataupun smartphone dimana saja dan kapan saja. Berikut ini adalah cara cara yang harus kalian lakukan.

1. Langkah yang pertama ialah kalian daftar di online pajak sebelum kalian menggunakan sistem e billing pajak dengan melalui ASP Online Pajak. Kalian diwajibkan untuk mendaftar perusahaan dan mengisi secara lengkap profil perusahaan, termasuk juga nomor pokok wajib pajak (NPWP).

2. Membuat id billing di asp online pajak. Terdapat dua cara untuk membuar id billing pada online pajak :

  • Dengan menggunakan surat pemberitahuan tahunan (SPT) yang ada di online pajak.
  • Bisa dengan tidak menggunakan SPT yang ada di online pajak ( khusus bagi wajib pajak yang hanya ingin memanfaatkan fitur e billing dan e filling saja)

Untuk diketahui, id billing yang sudah dibuat hanya berlaku selama 7 hari saja, apabila suda melebihi 1 minggu pjak belum dibayarkan, maka kalian harus membuat id billing yang baru lagi.

3. Manfaatkan id billing untuk membayar pajak secara online dengan cara:

  • Memasukan nomor id billing yang sudah dibuat dengan menggunakan fitur pajak online di online pajak (khusus CIMB Niaga dan BNI), bak presepsi, Atm, internet banking, sms banking, atau dengan menyerahkan langsung pada teller di bank terdekat.
  • Lalu kalian akan memperoleh nomor tanda penerimaan negara atau NTPN setelah kalian menyelesaikan pembayaran, lalu kalian masukan NTPN tadi ke dalam laporan SPT ketika akan melakukan e filling atau pelaporan setelah membayar pajak.

 

Nah, itulah artikel mengenai cara bayar pajak online, semoga dengan artikel ini kalian tidak kebingungan lagi cara membayar pajak online, kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Mrmixo
Terinspirasi untuk menjadi detektif, menelusuri betapa rumitnya dirimu