Cara Membuat Grafik di MS Word

Cara Membuat Grafik di MS Word

Cara Membuat Grafik di Word – Grafik adalah sebuah salah satu bentuk penyajian data yang berupa garis yang tergambar di antara variabel yang saling berkesinambungan. Grafik pada umumnya juga digunakan untuk menjelaskan suatu progres atau hasil penelitian ilmiah terhadap sebuah study kasus dan lain sebagainya.

Bicara tentang grafik, penyajian sebuah informasi dalam bentuk grafik bisa dilakukan dengan menggunakan software pengolah kata, salah satu contoh fungsi software atau aplikasi pengolah kata yang paling banyak ada di pasaran ialah untuk mengubah teks di dalam dokumen menjadi tampilan grafik.

Dan sebagai software atau aplikasi pengolah kata yang bagus, pihak microsoft sendiri sudah menyediakan fungsi tersebut, lantas bagaimanakah cara membuat grafik pada microsoft word? Yang pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu grafik dan jenis jenis dari grafik tersebut. Simak penjelasan berikut ini!

Jenis – Jenis Grafik di MS Word

Jenis-Jenis Grafik di MS Word

Ada beberapa jenis-jenis grafik yang disediakan pada aplikasi pengolah kata microsoft word yang dapat kalian gunakan dan pilih. Supaya kalian bisa menggunakan grafk dengan efektif, kalian harus memahami dulu ciri khas dari masing masing jenis dari grafik tersebut. Nah berikut merupakan deskripsi mengenai dari berbagai jenis-jenis grafik.

1. Grafik Kolom

Jenis grafik yang pertama ialah grafik kolom grafik tersebut menggunakan batang vertikal untuk menyampaikan data. Grafik tersebut bisa digunakan untuk berbagai jenis data, akan tetapi grafik tersebut biasanya sering digunakan untuk perbandingan beberapa data di dalam sebuah informasi.

2. Grafik Garis

Jenis grafik yang berikutnya ialah grafik garis yang berguna untuk menampilkan tren, titik titik data yang saling terhubung dengan garis. Hal ini bisa mempermudah para pembaca untuk melihat apakah tren sebuah atau beberapa data yang lebih meningkat atau menurun dari waktu ke waktu yang ada.

3. Diagram Pie

Jenis grafik yang ketiga ialah diagram pie sesuai dengan namanya, jenis grafik ini terdiri dari sebuah potongan sebuah lingkaran yang bisa digambarkan seperti sebuah potongan pie. Grafk tersebut bisa memepermudah para pembaca saat membandingkan sebuah proporsi yang dimana pada setiap nilai yang akan ditampilkan sebagai potongan kue pie.

Dan nantinya para pembaca dapat dengan mudah untuk melihat nilai nilai yang membentuk presentase jumlah dari keseluruhannya.

4. Grafik Batang

Lalu grafik yang selanjutnya ialah grafik batang grafik tersebut kurang lebihnya hampir sama dengan grafik kolom. Yang sedikit membedakan ialah grafik yang satu ini menggunakan batangan horizontal bukan vertikal.

Baca Juga : Cara Memberi Nomor Halaman di Word

5. Grafik Area

Grafik yang satu ini hampir menyerupai grafik garis, akan tetapi terdapat daerah terisi yang ada pada garis bawah tersebut.

6. Grafik Permukaan

Jenis grafik yang terakhir ialah grafik permukaan dengan menggunakan jenis grafik yang satu ini, kalian mungkin akan bisa menampilkan data pada tampilan dengan tampilan 3D atau 3 dimensi. Grafik yang ini cocok kalian pakai untuk sebuah data yang banyak atau data besar, yang bisa memungkinkan kalian untuk mempresentasikan berbagai jenis informasi pada saat yang sama juga.

Selain dari jenis-jenis grafik, kalian juga harus mengetahui dahulu cara membaca garfik, grafik sendiri juga mengandung berbagai unsur atau bagian, yang bisa membantu kalian untuk menggambarkan data yang akan disampaikan pada bentuk grafik. Nah, berikut ini merupakan bagian – bagian yang berbeda pada grafik.

  • Vertical Axis (sumbu vertical, dikenal juga sebagai sumbu y) : merupakan sebuah bagian pada vertical dari sebuah grafik. Sumbu pada vertical mengukur nilai dari kolom.
  • Chart Title (judul grafik : maksudnya ialah judul ini harus menggambarkan apa saja data yang akan disampaikan pada grafik dengan cara yang jelas dan padat.
  • Horizontal Axis ( sumbu horizontal, dikenal juga sebagai sumbu x) : merupakan bagian horizontal dari sebuah grafik, pada umumnya sumbu horizontal akan menggambarkan kategori pada informasi yang akan disampaikan pada grafik.
  • Data Series : maksudnya data ini akan terdiri dari titik titik data yang terkait pada sebuah grafik yang ada.
  • Legend : legend berfungsi untuk menggambarkan pada setiap seri data yang akan mewakilkan pada masing masing warna atau sebuah bentuk dari sebuah grafk yang ada.

Untuk bisa menambahkan grafik pada dokumen word, maka kalian akan memanfaatkan sebuah jendela spreadsheet yang terpisah agar bisa memasukan dan mengedit data yang akan dibuatkan pada grafik, akan seperti membuat spreadsheet yang ada di mircosoft excel. Proses dari memasukan data pada spreadsheet juga terbilang sederhana.

Akan tetapi apabila kalian tidak terbiasa dengan menggunakan microsoft excel maka kalian mungkin harus terlebih dahulu mencari informasi mengenai rumus rumus menggunakan microsoft excel bisa diberbagai sumber yang ada.

Nah lanjut saatnya kami akan memberikan sebuah tutorial mengenai cara membuat grafik pada microsoft word. Simak baik baik penjelasan berikut ini!

Baca Juga : Cara Membuat Grafik di Excel

 

Cara Membuat Grafik di Word dengan Mudah

Cara Membuat Grafik di Word dengan Mudah

Berikut ini adalah beberapa cara membuat grafik di word, antara lain.

1. Menambahkan Grafik Pada Microsoft Word

Berikut ini adalah cara menambahkan grafik di MS Word, simak dengan baik.

1. Langkah pertama tama yang harus kalian lakukan ialah dengan menempatkan kursor teks pada sudut dokumen yang dimana kalian akan memunculkan sebuah grafik.

2. Kemudian arahkan saja kursor mouse ke tab menu ‘insert’, lalu kalian tekan ‘chart’ pada kelompok ‘ilustrations’ kurang lebihnya akan seperti pada gambar dibawah ini.

3. Selanjunya pada sebuah kotak dialog yang akan berisikan dari jenis-jenis grafik bermunculan, nah disini kalian pilihlah jenis grafik dari panel kiri, kemudian pilihlah model grafik pada sebelah kanan, kalian akan menemukan dari berbagai menu pilihan grafik yang dapat kalian gunakan.

4. Apabila kalian sudah menemukan jenis grafik mana yang akan kalian gunakan maka langsung saja kalian tekan ok atau next.

5. Nah nantinya akan muncul sebuah grafik dan jendela spreadsheet excel, kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini dikarenakan ada kolom dan baris pada spreadsheet yang menjadi tempat yang kalian isi dengan data data kalian. dan dari data data yang kalian masukanlah untuk bisa membuat grafinya.

6. Kemudian kalian masukan data data yang akan diisikan pada spreadsheet, dan sesuaikan juga kategori dan seri data nya yang ada.

7. Akan ada sedikit penjelasan mengenai data yang ada pada kotak biru merupakan sebuah data yang akan muncul pada grafik, apabila diperlukan kalian klik dan tarik kotak biru tersebut pada kanan bawah secara manual untuk bisa menambah atau juga mengurangi rentang data yang ada.

8. Kemudian setelah proses memasukan data sudah selesa maka kalian tekan ikon ‘close’ saja untuk menutup menu jendela spreadsheet.

9. Nah sampai disini grafik dari data yang kalian masukan akan muncul pada grafiknya, kurang lebih akan seperti gambar dibawah ini ya.

10. Dan apabila kalian ingin mengubah data pada grafik yang sudah kalian buat tadi, kalian hanya melakukan dengan memilih grafik yang ingin kalian ubah, lalu kalian klik ‘edit data’ pada tab ‘design’. Dan jendela spreadsheet excel dari data kalian akan segera muncul kembali dan kalian bisa mengubah data yang lama dengan data yang baru.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Excel

2. Membuat Grafik dengan Menggunakan Data Excel yang Sudah Ada

Gunakanlah cara kedua ini apabila kalian sudah memiliki data pada file microsoft excel dan kalian ingin menggunakan juga pada dokumen word. Kalian hanya melakukan copy dan paste saja dari data file tesebut, sehingga kalian tidak perlu lai untuk memasukan data dengan cara manual yang akan memakan waktu yang banyak.

Cukup dengan membuka spreadsheet pada excel, salin data, dan selanjutnya kalain pastekan sebagai sumber data yang akan diisikan pada word dan selesai.

Selain dari data excel yang sudah ada, kalian juga bisa kok menambahkan grafik excel yang sudah ada kedalam dokumen word kalian, apabila kalian memperbarui berkas excel pada suatu saat nanti.

Grafik yang akan muncul pada word akan diperbarui secara otomatis yang menyesuaikan perubahan yang sudah dibuat, jadi kalian tidak perlu lagi untuk mengubah data pada excel dan juga pada word.

Nah itulah artikel mengenai cara membuat grafik beserta penjelasan singkatnya, semoga dengan artikel kali ini bisa menambah wawasan pengetahuan kalian didunia microsoft word dan pastinya di bagian grafik, semoga sukses dalam mempraktekkannya terima kasih!

Mrmixo
Terinspirasi untuk menjadi detektif, menelusuri betapa rumitnya dirimu