Cara Root Semua Tipe HP Android

OS atau sistem operasi pada perangkat smartphone khususnya android merupakah salah satu sistem berbasis linuk yang sifatnya open source (bebas). Open source maksudnya ialah kalian dapat dengan bebas memodifikasi sistem operasi android sesuai dengan keinginan kalian semua, akan tetapi dikarenakan pada pihak produsen smartphone android mempunyai tujuan dan ada maksud hal lainnya.

Oleh sebab itu akses untuk bisa memodifikasi smartphone android akan dibatasi. Proses dari pembatasan akses dari pengguna untuk bisa memodifikasi smartphone android ini dapat kita sebut dengan lock bootloader.

Dengan demikan apabila kalian ingin melakukan root pada smartphone android kalian, maka kalian harus membuka kunci lock bootloader terlebih dahulu agar bisa mengakses secara penuh dari fitur fitur yang dimiliki oleh sistem operasi android.

 

Apasi Fungsi Root Dan Apakah Aman?

Fungsi Root

Pertama kita bahas fungsinya terlebih dahulu, sebelum kalian mengetahui aman atau tidaknya dari root hp android?. Nah root adalah sebuah proses dari pemberian izin penuh kepada para penggunannya bisa itu pengguna android ( gadget, tab dan lain lain) atau bahkan smartTV juga yang tadinya penggunaannya terbatas hanya yang diperlukan saja yang di perbolehkan izin.

Dengan root maka kalian dapat akses penuh dan berhak mengubah, memodifikasi semuanya yang ada di dalam sistem operasi. Selain dari pada kalian dapat mengubah, memodifikasi secara bebas, akses dari root atau akses bebas juga diperlukan oleh beberapa aplikasi yang biasanya membutuhkan akses sistem, apabila kalian mencari pada google playstore.

Pada umumnya akan ada kata kunci root yang ada di aplikasinya. maka dengan hak akses penuh, kalian dapat memperoleh banyak keuntungan pada smartphone yang belum pernah di root.

Apakah kalian sudah paham dari fungsi root? sekarang kita masuk pada apakah aman untuk digunakan? yang pertama kenapa pihak produsen tidak memberikan seluruh hak akses pada fitur fitur yang ada yaitu karena demi keamanan, pihak produsen tidak ingin bahwa data data kalian tercuri atau lain sebagainya.

Apabila hak akses kalian penuh atau sudah di root maka kalian dapat mengubah segala isi dari sistem operasi tapi bisa berakibat kerusakan pada perangkat tersebut.

Oleh sebab itu kenapa hp atau smartphone android yang sudah kalian root atau memiliki hak akses penuh, maka masa garansinya akan langsung hilang sebab dari pihak produsen sendiri tidak memberikan garansi dari perbuatan hak akses penuh tersebut karena pihak produsen sendiri sudah mengetahui bahwa apabila memberikan hak akses penuh pada pengguna akan bisa berakibat fatal.

Dan salah satu hal lain mengapa pihak produsen membatasi hak aksesnya karena agar aplikasi bawaannya yang di berikan pada smartphone android dapat digunakan oleh para penggunannya. Aplikasi yang diberikan oleh produsen atau bawaan ini biasa disebut dengan bloatware, terkadang aplikasi bawaan yang diberikan ada yang tidak berguna bagi setiap orang dan membuat penuh memori internal kalian.

Apabila kalian memiliki hak akses penuh pada hp android kalian maka kalian bisa lo menghapus aplikasi bawaan andorid yang bisa dibilang penuh penuhin memori internal kalian, akan tetapi dari pihak produsen sendiri tidak menginginkan hal itu terjadi makanya pihak produsen tetap membatasi hak aksesnya, dan mungkin ada alasan tertentu lainnya. Dan singkatnya apabila kalian melakukan hak akses penuh hp android atau root maka hp android kalian bisa berbahaya.

 

 

Kelebihan Dan Kekurangan dari Root Hp Android

Kelebihan Dan Kekurangan Hp Root

Dari semua kita lakukan pasti akan ada kelebihan atau kekurangan itu sudah jelas, maka sebelum kalian melakukan root hp android maka kalian perlu mengetahuinya terlebih dahulu daro kelebihan dan kekurangan dari root hp andorid, sebagai berikut :

 

1. Kelebihan HP Android di Root

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kalian peroleh saat HP Android kalian sudah diroot, antara lain.

  • Dapat Menghapus Aplikasi Bawaan yang tidak berguna, seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi bahwa banyak aplikasi bawaan yang tidak berguna dan juga tidak penting bagi kita dan malahan membuat memori internal kita penuh dan tidak punya kesempatan untuk menyimpan data data penting lainnya seperti foto, video, dan lain sebagainya, dan aplikasi bawaan itu terlindungi oleh sistem operasi dari produsennya. oleh sebab itu apabila kalian memperoleh hak akses penuh maka kalian dapat menghapus aplikasi bawaan yang tidak berguna tersebut.
  • Dapat Overclock Processor, yaitu sebuah proses yang memaksa memberikan perfoma dari processor hp kalian bekerja dengan secara penuh, overclock ini dapat membuat performa dari hp kalian bisa semakin ngebut layaknya hp mahal. Akan tetapi dengan proses tersebut maka akan membutuhkan daya yang besar dan makanya kenapa apabila overclock bisa menguras banyak daya baterai serta membuat hp kalian cepat panas tidak seperti biasanya.
  • Dapat Menambah Memori, apabila hp android kalian saat ini tidak bisa menambahkan memori dari microSD maka dengan kalian melakukan root hp maka kalian dapat menambah memori internal kalian dengan sebuah microSD, yang pada akhirnya memori kalian bisa ditambah kapasitas memorinya dengan menggunakan microSD. Jadi kalian bisa lebih banyak menyimpan segala macam data.
  • Dapat Menginstal Aplikasi Terlarang, Ada banyak aplikasi aplikasi yang tidak bisa kalian pasang pada hp android yang belum kalian root, dengan kalian melakukan root android maka kalian bisa bebas menginstall aplikasi aplikasi yang tidak biasa. Seperti aplikasi untuk hack wifi, custom ROM, atau menghapus aplikasi bawaan aplikasi atau Bloatware.
  • Dapat Menghilangkan Aplikasi Berjalan, Aplikasi berjalan yang kami maksud ada pada background, aplikasi pada background akan banyak memakan kapasitas dari RAM oleh sebab itu apabila kalian biarkan maka akan ada penurunan dari performa hp kalian. Dengan root Hp maka kalian dapat menghilangkan aplikasi berjalan tersebut.

 

2. Kekurangan HP Android di Root

Berikut ini adalah beberapa kekurangna dari HP Android yang sudah di root, antara lain.

  • Menghangusnya Garansi, pihak dari produsen hp android sendiri tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan hp yang telah di root, seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi bahwa dengan kalian melakukan root hp maka akan bisa berakibat fatal makanya pihak produsen hp tidak memberikan hak akses penuh pada penggunannya.
  • Tidak Memperoleh Update, update sistem operasi android tidak bisa dilakukan apabila hp android kalian telah dilakukan root, oleh sebab itu akan tidak bisa memperoleh fitu fitur baru dari android.
  • Performa Naik Turun, Hp android yang sudah kalian root terkadang performanya bisa bagus bisa juga jelek jadi tidak stabil performa hp kalian, dan tidak stabil performa ini yang bisa membuat hp kalian tidak bisa bisa berjalan dengan normal atau seperti biasanya.
  • Rawan Terkena Virus,  Apabila kalian sudah melakukan root hp maka sistem keamanan yang ada pada hp android kalian secara tidak langsung akan dihilangkan dan dari sinilah bisa memberikan banyak peluang kepada virus masuk pada sistem, dan bisa membuat hp kalian performanya tidak stabil lagi.
  • Mati Total,  Hal buruk lainnya ialah terjadinya mati total pada hp android kalian, karena ada sebuah proses tidak benar yang bisa membuat rusaknya sistem operasi pada keseluruhannya, dan berakibat  mati total tidak bisa hidup kembali, mungkin apabila di service masih ada kesempatan hidup kembali.

 

 

Cara Root Semua Tipe HP Android

Berikut ini adalah beberapa cara root semua tipe HP Android, simak dengan baik.

 

1. Cara Root HP Android Menggunakan Frama Root

Frama Root

Dengan kalian menggunakan frame root maka kalian dapat melakukan proses root hp android kalian hanya dengan satu klik saja. Nah berikut adalah langkah langkah proses root menggunakan frame root:

  • Langkah pertama kalian download frame root pada google playstore
  • Buka aplikasinya, pilihlah opsi instal superSU
  • Dan proses root akan berjalan, tunggu sampai proses root nya selesai dengan sendirinya.
  • Setelah selesai maka restart hp android kalian, dan selesai.

 

2. Cara Root HP Android Menggunakan Root Genius

Root Genius

Secara fungsi dan tujuannya tidak jauh berbeda dengan frame root yaitu itu root hp andorid kalian, Nah apabila kalian ingin melakukan proses root dengan menggunakan root genius maka simak langkah langkah berikut:

  • Langkah pertama kalian download aplikasi root genius pada hp kalian
  • Buka aplikasinya, tekan pada gambar yang berbentuk lingkaran
  • Kemudian ada tampilan sebuah kotak yang akan melanjutkan proses selanjutnya
  • Dan terakhir akan muncul sebuah ikon jempol, kemudian ubah raja pengguna setelah kalian selesai melakukan root.

 

3. Cara Root HP Android Menggunakan King Root

King Root

Kemudian cara terakhir yang bisa kalian gunakan untuk proses root aplikasi ialah dengan menggunakan king root, king root sudah menjadi andalan bagi setiap orang untuk melakukan root karena memang sudah banyak yang membuktikannya, nah berikut adalah langkah langkah root menggunakan king root

  • Langkah pertama download king root pada hp kalian
  • Lalu kalian tinggal menekan button cek yang ada pada aplikasi king root tersebut
  • Dari proses cek tersebut akan kelihatan bahwa hp android kalian bisa atau tidak untuk di root, apabila bisa maka akan melanjutkan proses selanjutnya
  • Setelah masuk proses selanjutnya tinggal tunggu saja sampai prosesnya selesai, dan setelah selesai tinggal kalian restart saja hp kalian.

 

Nah itulah artikel mengenai cara root hp android, dengan artikel ini semoga bisa membantu kalian dalam proses rooting hp android kalian, tapi perlu di ingat bahwa kalian perlu menekankan bahwa proses root hp android ini sangat tidak direkomendasikan, oleh sebab itu kalian perlu pikir pikir terlebih dahulu sebelum melakukan proses rooting.

Mrmixo
Terinspirasi untuk menjadi detektif, menelusuri betapa rumitnya dirimu