Cara Menonaktifkan Windows Defender 10, 8.1, dan 8

Cara menonaktifkan Windows Defender

Cara mematikan windows defender sangatlah mudah untuk kalian lakukan, karena tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan yang harus mendownload lalu di instal terlebih dahulu. Akan tetapi windows defender sendiri sering kali menganggap file ataupun aplikasi yang sebenarnya aman akan dianggap berbahaya.

Biasanya hal seperti itu sering terjadi apabila kalian ingin memasang sebuah aplikasi aplikasi pc atau laptop, oleh sebab itu terkadang kalian di haruskan untuk mematikan sebuah windows defender terlebih dahulu untuk sementara waktu saja supaya nantinya aplikasi yang ingin kalian install tidak terblokir oleh antivirus tersebut.

Apa si itu Windows Defender?

Cara menonaktifkan Windows Defender

Windows defender merupakan sebuah antivirus buatan dari microsoft yang disertakan pada setiap instalasi windows 10 dan ada juga dari windows sebelum dari windows 10 yaitu windows 8.1. sebagai mana mestinya antivirus bekerja, windows defender digunakan untuk bisa melindungi pc atau laptop dari berbagai macam virus, rookit, spyware dan juga kode encrypty jahat yang bisa saja menyerang tiba tiba.

Akan tetapi untuk kebutuhan dasar dari pc atau laptop, windows defender juga bisa dikatakan sudah mencukupi segala kebutuhan, namun ada tapinya yaitu windows defender tidak menawarkan fitur firewall kuat dan kemanan serta email sebagaimana yang ada di kaspersky internet security atau AVG internet security.

Windows defender juga akan berjalan secara otomatis pada pc atau komputer yang menggunakan sistem operasi windows, akan tetapi juga bisa menonaktifkan sendiri secara otomatis saat komputer sedang mendeteksi bahwa ada sebuah software kemanan lain contoh nya seperti menggunakan aplikasi security software yang sudah terinstal pada windows.

Pada windows defender sendiri sudah di implementasikan berbeda dengan windows 8.1 dan juga pada windows 10, yang dimana pada windows 8.1 kalian bisa menonaktifkan windows defender secara permanen dengan melalui preferensi yang sudah disediakan oleh microsoft sendiri.

Namun hal tersebut berbeda dengan windows 10, bahwa kalian tidak bisa menonaktifkannya secara permanen melalui preferensi bawaan windows. Tentu saja bahwa microsoft sendiri sudah memiliki alasan yang logis kenapa hal itu tidak bisa dilakukan secara permanen.

Kami memiliki pemikiran bahwa mungkin saja microsoft sendiri tidak menginginkan bahwa windows 10 digunakan tanpa adanya perlindungan sama sekali untuk windows 10. Hal tersebut bisa terbuktikan bagi kalian yang menggunakan komputer atau laptop yang selalu terhubung dengan jaringan internet atau wifi.

Lantas bagaimanakah jika kalian tidak menginginkan untuk tetap menjalankan sebuah windows defender ini? Contohnya seperti pada situasi yang dimana kalian tidak pernah ingin terkoneksi di internet atau ke jaringan komputer kalian dimanapun itu atau mungkin tidak ada perangkat apapun yang ingin terhubung pada komputer atau pc kalian?

Ternyata kalian bisa menonaktifkannya untuk sementara waktu pada windows defender dengan melalui settings aplikasi dan lalu merubahnya pada nilai real time protection dari yang on diganti ke off, mungkin ketika kalian melakukan reboot atau restart pada komputer selanjutnya.

Nah pada windows defener akan kembali aktif secara otomatis. Apabila diinginkan, kalian juga bisa menonaktifkan windows defender secara permanen dengan menggunkan group policy editor dan juga menggunakan registry editor. Namun beberapa aplikasi yang yang bersifat biasa, terkadang juga bisa dianggap berbahaya.

Hal itu bisa terjadi karena kalian akan dianggap mengakses hal hal yang bersifat privasi. Perlindungan dari windows defender juga akan dilakukan ketika kalian akan menginstal aplikasi. Contohnya seperti pada installer dari aplikasi ini juga kadang sudah di blokir oleh fitur bawaan microsoft yaitu windows defender ini.

Nah oleh sebab itu, kadang kala ada waktunya untuk kalian mematikan windows defender sementara waktu untuk keperluan yang diharuskan, supaya kalian bisa menginstal aplikasi yang di anggap oleh windows defender sebagai vrisu yang berbahaya bagi komputer atau pc kalian. nah simak penjelasan berikut untuk mematikan windows defender pada windows 10!

Cara Menonaktifkan Windows Defender Windows 10

Berikut ini adalah langkah – langkah untuk menonaktifkan windows defender, antara lain.

  1. Langkah pertama adalah kalian membuka aplikasi windows defender, kalian bisa membukanya dengan menekan windows lalu mengentik “windows defender” pada kolom pencarian windows.
  2. Lalu kalian buka saja “virus & threat protection”.
  3. Lalu buka opsi yang bernama “virus & threat protection settings” .
  4. Kemudian setelah membuka tersebut, maka kalian langsung saja mematikan semua proteksi dengan kalian klik atau menggeser tombol dari ON ke OFF.

Cara menonaktifkan Windows Defender

Nah pada tahap inilah semu perlindungan dari windows defender sendiri sudah dimatikan total. Dan untuk kalian yang ingin menghidupkannya kembali seperti semual guna melindungi komputer atau laptop dari serangan virus, maka kalian hanya perlu mengakses menu “virus & threat protection settings” lagi, dan menggeser tombol yang off tadi menjadi ke ON.

Perlu kalian ingat bahwa dengan mematikan windows defender adalah sebuah hal yang bisa membahayakan bagi komputer atau pc kalian, oleh sebab itu, apabila kalian ingin mematikan fitur dari proteksi windows defender ada baiknya untuk tidak terlalu lama agar data data penting kalian masih bisa terlindungi dari virus.

Sebenarnya bahwa windows defender adalah aplikasi yang sangat kompleks, yang sudah menawarkan beragai fitur perlindungan seperti antivirus ataupun firewall untuk bisa melindungi perangkat pc atau laptop yang kalian miliki saat ini, akan tetapi sekuat apapin itu perlindungan yang kalian gunakan bisa kalian off kan untuk sementara waktu.

Banyak yang berbicara mengenai kekuatan dari antivirus bawaan windows ini karena berbeda dengan apabila kalian menggunakan sistem operasi windows dibawah versi 8 baik itu windows 7 atau xp karena kalian harus menginstal sendiri dan mencari sendiri aplikasi antivirusnya. Sedangkan windows defender sudah menjadi bawaan apabila menggunakan windows 8 ke atas.

 

Nah itulah artikel mengenai cara mematikan fitur windows defender. Semoga bermanfaat terima kasih.

Hasif Priyambudi
Aku Tidak Bisa Mendengarmu Spongebob, Disini Gelap